Selasa, 27 Oktober 2015

Surat Untuk Jagoan Kecil Mama


Hasil gambar untuk surat untuk jagoan kecil mama

Ini pesanku untukmu yang telah mulai menjajal cinta...

Sayang,

Selamat ya. Kamu sudah dewasa. Sudah bukan lagi anak mama yang bisa mama pangku atau mama suapi. Meski Mama kangen dengan tangisanmu dan rengekanmu, Mama senang kamu sudah bisa menentukan banyak hal sendiri. Mama kira, ini adalah waktu yang tepat untuk menyampaikan pesan penting untuk anak Mama yang sudah bukan lagi anak kecil.


Sayang anak Mama,

Kemarin mama lihat, kamu bahagia. Malam minggu sore sudah berdandan ganteng dan rapi, berangkat dari rumah dengan senyum. Pulang di malam hari ke rumah pun senyum itu masih ada di wajahmu.

Tanganmu tidak pernah lepas dari layar ponsel selama berhari-hari. Ponselmu berdering siang dan malam. Tapi senyummu pun tetap di wajah bahkan ketika mengetik pesan.

Siapapun yang menjadi pacar kamu, pasti dia adalah perempuan yang beruntung. Mama ikut bahagia.


Anak mama tersayang,

Mama bisa mengerti bahwa kamu sayang dia. Mama yakin dia pasti cantik untukmu. Dia pasti yang terbaik yang kamu pilih. Untuk itu Mama mohon, jaga dia baik-baik, karena dia pun juga memiliki ibu yang menyayanginya. Jaga perasaan dia baik-baik, karena dia pun manusia seperti kamu yang memiliki perasaan.


Sayangku, anak laki-laki Mama,

Ketahuilah, pacaran tidak selalu mulus. Ketika kamu sedih atau marah padanya, jangan pernah berpikir untuk memukul. Ingatlah Mama tidak pernah mengajarkan anak laki-laki Mama untuk memukul. Jika kamu sedih atau marah padanya, jangan pernah memakai kata-kata kasar. Ingatlah bahwa Mamamu juga perempuan dan Mama juga akan sedih jika ada orang berkata kasar pada Mama. Emosi akan selalu ada diantara kalian berdua. Ekspresikan dengan cara terbaik tanpa harus menyakiti fisik atau hatinya.


Sayang,

Semua perempuan dilahirkan cantik. Dalam hidupmu, akan ada perempuan lain yang memujamu namun tidak bisa memenangkan hatimu. Mama minta, bersikaplah hormat pada mereka. Setiap perempuan berhak menyayangi siapapun yang mereka mau walalupun kamu hanya bisa menjadikan mereka teman. Jadikan mereka sahabatmu, karena mereka sudah berani mengungkapkan perasaan sayangnya pada dirimu. Jangan pernah berbicara buruk tentang mereka ke teman-temanmu hanya karena fisiknya tidak elok. Karena semua perempuan terlahir cantik. Ingatlah hal tersebut baik-baik.


Anak mama tersayang,

Pujilah pacarmu yang cantik dengan cara yang hormat. Jangan memakai kata-kata tidak sopan. Mama respek terhadap pilihanmu, tapi kamu harus ingat. Bahwa apa yang dia pakai di badan dan apa yang dipakai di wajah, tidak bisa mengalahkan apa yang dia pakai untuk menunjukkan hati.

Jangan hanya pilih dia karena dia cantik, tapi pilih dia karena dia juga berhati cantik. Jangan jadikan dia pacarmu, sebelum kamu melihat dia juga baik pada orang lain. Tidak hanya padamu. Segera tinggalkan dia jika dia tidak berperilaku baik pada orang lain.


Sayang,

Perempuan juga manusia. Perlakukanlah dia selayaknya kamu memperlakukan Mama. Hormati dia selayaknya kamu menghormati Mama. Kalian berdua buatlah keputusan baik yang berguna untuk kalian berdua. Jangan pernah memaksa dia melakukan hal yang kamu mau. Jangan pernah memanipulasi dia untuk menuruti keinginanmu. Jangan mengatasnamakan cinta untuk mendapatkan apa yang kamu mau. Dia juga punya suara. Dia juga punya hak. Ekspresikan rasa sayang dan cintamu dengan cara terlembut yang dia bisa terima dengan baik. Bertanyalah padanya, apakah dia menginginkannya juga.


Dan akhirnya sayang,

Mungkin kamu tidak tahu bahwa dunia tidak selalu baik kepada perempuan. Mengertilah, Mama hanya ingin kamu menjadi seorang laki-laki yang menganggap semua perempuan adalah ibunya, adalah adik perempuannya, adalah kakak perempuannya. Lindungi mereka ketika mereka tidak dilindungi dengan baik. Perlakukan mereka sejajar ketika mereka hidup berdampingan denganmu. Berpacaran adalah tentang dua orang. Bukan hanya tentang kamu. Jadi janganlah hanya memikirkan dirimu sendiri.

Cuma itu pesan Mama, Nak. I trust you. Because I know I raised you well.

Be good.

I love you.

Mama




Tidak ada komentar:

Posting Komentar